• Tutorial mengubah softsub (MKV) menjadi hardsub (MP4) dengan MediaCoder

    Posted by : angel_beats_girls_dead_monster

    Tutorial ini untuk yang mau mengunggah video dari format MKV softsub menjadi MP4 hardsub tanpa mengubah atau menghilangkan efek/style dari subtitle yang ada.
    Disini saya hanya akan menggunakan satu macam software yang telah saya kuasai, yaitu MediaCoder dengan OS Windows 7 x64.

    Yang dibutuhkan:
    1. MediaCoder
    2. Mkvtoolnix . Setelah download, extract ke folder pilihan. Untuk menjalankan mkvmerge, klik ganda mmg.exe.
    3. MKV extrack GUI. Setelah download, masukkan semua file di dalam archive ke dalam folder hasil extract mkvtoolnix. Untuk menjalankan, klik ganda MKVExtractGUI2.exe.

    Pertama download MediaCoder , pilih sesuai dengan sistem operasi anda. Tersedia versi x86 dan x64. Kalau sudah, install dan jalankan.
    Disini saya memakai setting untuk user interface=expert. Ubah melalui menu Option-->User Interface Mode-->Expert.
    Setelah itu klik tombol ADD untuk menambahkan video ke dalam queue. Bisa juga dengan cara drag and drop. Setelah video masuk, klik pada nama video yang baru saja masuk untuk mengetahui informasi video tersebut. Yang perlu diingat, MediaCoder ini tidak/belum bisa membaca video dengan nama yang mengandung karakter unicode (contohnya bisa dilihat pada screenshot dibawah). MediaCoder tidak akan mampu menampilkan informasi video jika nama video atau path (tempat/folder video berada) mengandung karakter unicode.




    Masuk ke tab Video, bisa dilihat berbagai macam pengaturan untuk kualitas dan format video yang akan dibuat. Karena disini saya akan mengubah format dari MKV menjadi MP4, maka saya pilih format H.264 (AVC1) dengan encoder x264. Untuk yang menggunakan video card NVIDIA yang mendukung CUDA, bisa juga digunakan sebagai encoder. Tinggal centang kotak GPU di bagian Encoder. Tapi kualitas encoder CPU (x264) lebih baik dibanding GPU, walaupun kecepatan GPU relatif lebih cepat dibanding CPU dengan settingan yang sama.
    Untuk setingan yang lain, bisa diubah sesuai selera. Misalnya:
    Profile: Bisa memilih Profile Auto, Baseline, Main, High, High10 (10bit).
    Level: Mulai dari Auto s/d Level 5.1
    Preset: Pilih Custom untuk mengubah setingan di bagian Motion Estimation, Me-range dan Subpixel Me. Kali ini saya pilih Fast dengan ubahan di Profile High, Level 4.1, Tune Animation.




    Di bagian Audio, bisa dipilih berbagai macam format mulai dari MP3, Vorbis (ogg), AAC, FLAC, WMA dll. Kali ini saya pilih LC-AAC dengan Rate Mode: Target Bitrate 96kbps. Disini juga bisa resample dari 44.1khz menjadi 48khz.




    Bagian Container, saya pilih MP4. Untuk hardsub, bisa juga dipilih format selain MP4. MediaCoder ini hasilnya selalu hardsub, jika video yang di-encode mempunyai embedded subtitle, atau ada subtitle yang dipilih di bagian Subtitle.




    Picture. Disini saya turunkan resolusi asli dari 1280x720 menjadi 1024x576 untuk mempercepat proses.




    Bagian Sound untuk mengubah Channel, channel mapping, mengatur volume (gain), mengatur delay apabila suara tidak sinkron dengan video, dan disini sudah tersedia fitur normalizer.




    Bagian Subtitle. Ini yang paling penting. Sebelumnya, pastikan dulu untuk mengekstrak subtitle beserta font yang ada di video dengan menggunakan MKVextractGUI2. Setelah itu, install semua font yang terdapat di video tsb. Disini, saya tidak mengubah setting apapun, hanya menambahkan subtitle yang akan dibuat hardsub (.ass) dan memilih jenis font. Untuk memilih jenis font, sebenarnya tidak perlu, hanya saja jika dalam pilihan Font terdapat karakter aneh, ada kemungkinan hasilnya tidak akan sesuai dengan yang kita harapkan. Bisa jadi ini bug dari subtitle renderer MediaCoder.




    Untuk tab yang lainnya tidak perlu jika kita hanya mau menjadikan video softsub menjadi hardsub.

    Setelah semua sudah diatur, tinggal klik tombol START di atas, dan tunggu sampai selesai.
    Jika semuanya lancar, kita akan dapatkan video MP4 dengan subtitle hardsub persis seperti aslinya.

    Untuk contohnya, silakan lihat di contoh video dibawah (MKV untuk softsub, MP4 untuk hardsub).

    Semoga bermanfaat.

    0 komentar:

    Poskan Komentar

  • Next Prev